Jumat, 12 Mei 2023

Perkembangan Teknologi dan Pembelajaran


Nama  : Mutia

NIM    : 221446242

PPG PRAJABATAN GELOMBANG 1 TAHUN 2022


1.     Perkembangan Teknologi Dan Pembelajaran

a.     Perkembangan TIK

Komputer pertama masuk ke sekolah pada akhir tahun 1970an yang terus berkembang hingga saat ini, diikuti juga dengan kehadiran printer, floppy disk drive, scanner dan kamera digital. Kemudian internet muncul bersama dengan jaringan komputer, World Wide Web, email dan mesin pencari. Lahirlah Istilah TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mencakup banyak teknologi dan memungkinkan untuk menerima informasi serta berkomunikasi atau saling bertukar informasi dengan orang lain. TIK terus mengalami perkembangan yang cepat yang diikuti dengan kecanggihan perangkat tersebut.

b.     Mengeksplorasi penggunaan TIK dalam pembelajaran

TIK berkembang di bidang pendidikan ketika universitas pertama kali memperoleh komputer mainframe. Komputer mainframe merupakan komputer generasi pertama dan sebuah teknologi informasi kelas tinggi yang terdiri dari beberapa komputer dengan kemampuannya dalam melaksanakan berbagai macam tugas yang berkaitan dengan komputasi rumit untuk jangka waktu yang relatif singkat.

Pada masa kini, perangkat lunak di sekolah sudah mencakup jenis alat yang sama yang digunakan orang dewasa di dunia kerja–seperti chat, email, pengolah kata, program basis data, dan aplikasi Spreadsheet. Di mana internet tersedia, guru dan peserta didik secara rutin menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi untuk menyelesaikan tugas.

c.     Tahapan dalam Mengadopsi dan Menggunakan TIK

1)    Emerging (Muncul)

Pada tahap ini sekolah baru saja mulai memperkenalkan komputer, di mana pada awalnya mungkin hanya memiliki satu atau dua komputer dan printer, baik hasil sumbangan atau dibeli oleh Dinas Pendidikan.

2)    Applying (Menerapkan)

Pada tahap ini sekolah telah memperoleh tambahan peralatan TIK.

3)    Infusing (Menanamkan)

Pada tahap ini, TIK dimasukkan ke seluruh kurikulum.

4)    Transforming (Transformasi)

Pada tahap ini guru sudah mempunyai rasa percaya diri dan memiliki kemampuan memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.

d.     Pemanfaatan perangkat TIK dalam pembelajaran abad 21

1)    TIK dan kreativitaspeserta didik

Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan peserta didik dalam pembelajaran yaitu aplikasi presentasi seperti Microsoft PowerPoint, Lectora, Articulate Storyline, Frezzy dan sebagainya.

2)    TIK dan aktivitas kolaborasi peserta didik

Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran khususnya kolaborasi peserta didik yaitu aplikasi web jejaring sosial (social network) seperti Facebook, Twitter, Frienster, Instagram dan sebagainya.

3)    TIK sebagai media komunikasi peserta didik dalam pembelajaran

Aplikasi cukup beragam bulai yang basisnya teks, audio dan video, seperti E-mail, WhatsApp, Zoom, Podcast dan lain sebagainya.

e.     Dampak TIK di Sekolah, pengajaran dan pembelajaran

1)    TIK dalam bidang Pendidikan

Perkembangan TIK membuat semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan di seluruh dunia yang menembus batas, jarak, tempat, ruang dan waktu.

Dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja, (3) dari kertas ke online, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata.

2)    Pergeseran Pandangan Tentang Pembelajaran

Peran guru dan peserta didik berubah seiring perkembangan teknologi hal tersebut tentu memiliki dampak yaitu positif maupun negatif.

3)    Fourth Revolution (Revolusi keempat)

Terdapat beberapa teknologi yang menjadi unsur utama terhadap pengembangan industri konvensional menuju industri digital. Diantaranya:

·       Internet of Things (IoT)

Sistem Internet of Things di dalamnya sendiri terdapat empat komponen yang terdiri dari perangkat sensor, konektivitas, pemrosesan data, serta antarmuka pengguna. Contohnya Jarvis yang dapat mematikan lampu ketika sudah pagi hari, bike sharing untuk gowes, e-fishery  untuk memberi pakan ikan secara otomatis dan lain sebagainya.

·       Big Data

Merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu volume informasi yang besar, baik terstruktur maupun tidak, yang mana data dan informasi nya dapat diolah, disimpan, disusun, dan dianalisis.

Berikut beberapa penyedia layanan yang termasuk ke dalam penggunaan teknologi Big Data di Indonesia diantaranya; Sonar Platform, Paques Platform, Warung Data, Dattabot dan lain-lain.

·       Cyber Security

Ketika semakin banyak elemen saling terhubung apalagi melalui internet maka security menjadi lebih penting. Aspek security ini menjadi sisi yang tidak terhindarkan dan yang perlu diantisipasi dalam penerapan industri 4.0.

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan Cloud Computing.

f.      Keterampilan yang dibutuhkan peserta didik untuk abad 21

P21 mengidentifikasi beberapa keterampilan luas yang dibutuhkan oleh peserta didik di abad 21. Keterampilan tersebut mencakup: (1) mata pelajaran inti dan tema abad 21, (2) keterampilan belajar dan inovasi, (3) keterampilan informasi, media, dan teknologi, serta (4) keterampilan hidup dan karir.

Untuk mendukung keterampilan tersebut diperlukan sistem pendukung seperti standar penilaian, kurikulum, pengembangan profesional, dan lingkungan belajar (Anderson, 2010).

1)    Mata pelajaran inti tema abad 21

2)    Keterampilan belajar dan inovasi

3)    Keterampilan informasi, media, dan teknologi

4)    Keterampilan hidup dan karir

5)    Sistem inovatif pendukung abad 21

6)    Literasi digital

Latest
Next Post

0 komentar: