Nama : Mutia
NIM : 221446242
PPG PRAJABATAN GELOMBANG 1 TAHUN 2022
1. Perkembangan
Teknologi Dan Pembelajaran
a. Perkembangan
TIK
Komputer pertama
masuk ke sekolah pada akhir tahun 1970an yang terus berkembang hingga saat ini,
diikuti juga dengan kehadiran printer, floppy disk drive, scanner dan kamera
digital. Kemudian internet muncul bersama dengan jaringan komputer, World Wide
Web, email dan mesin pencari. Lahirlah Istilah TIK atau Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang mencakup banyak teknologi dan memungkinkan untuk menerima
informasi serta berkomunikasi atau saling bertukar informasi dengan orang lain.
TIK terus mengalami perkembangan yang cepat yang diikuti dengan kecanggihan
perangkat tersebut.
b. Mengeksplorasi
penggunaan TIK dalam pembelajaran
TIK berkembang di
bidang pendidikan ketika universitas pertama kali memperoleh komputer
mainframe. Komputer mainframe merupakan komputer generasi pertama dan sebuah
teknologi informasi kelas tinggi yang terdiri dari beberapa komputer dengan
kemampuannya dalam melaksanakan berbagai macam tugas yang berkaitan dengan
komputasi rumit untuk jangka waktu yang relatif singkat.
Pada masa kini,
perangkat lunak di sekolah sudah mencakup jenis alat yang sama yang digunakan
orang dewasa di dunia kerja–seperti chat, email, pengolah kata, program basis
data, dan aplikasi Spreadsheet. Di mana internet tersedia, guru dan peserta
didik secara rutin menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi untuk
menyelesaikan tugas.
c. Tahapan
dalam Mengadopsi dan Menggunakan TIK
1) Emerging
(Muncul)
Pada tahap ini
sekolah baru saja mulai memperkenalkan komputer, di mana pada awalnya mungkin
hanya memiliki satu atau dua komputer dan printer, baik hasil sumbangan atau
dibeli oleh Dinas Pendidikan.
2) Applying
(Menerapkan)
Pada tahap ini sekolah telah
memperoleh tambahan peralatan TIK.
3) Infusing
(Menanamkan)
Pada tahap ini, TIK dimasukkan ke
seluruh kurikulum.
4) Transforming
(Transformasi)
Pada tahap ini
guru sudah mempunyai rasa percaya diri dan memiliki kemampuan memanfaatkan TIK
untuk pembelajaran.
d. Pemanfaatan
perangkat TIK dalam pembelajaran abad 21
1) TIK
dan kreativitaspeserta didik
Salah satu
aplikasi yang dapat dimanfaatkan peserta didik dalam pembelajaran yaitu
aplikasi presentasi seperti Microsoft PowerPoint, Lectora, Articulate
Storyline, Frezzy dan sebagainya.
2) TIK
dan aktivitas kolaborasi peserta didik
Salah satu
aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran khususnya
kolaborasi peserta didik yaitu aplikasi web jejaring sosial (social network)
seperti Facebook, Twitter, Frienster, Instagram dan sebagainya.
3) TIK
sebagai media komunikasi peserta didik dalam pembelajaran
Aplikasi cukup
beragam bulai yang basisnya teks, audio dan video, seperti E-mail, WhatsApp, Zoom,
Podcast dan lain sebagainya.
e. Dampak
TIK di Sekolah, pengajaran dan pembelajaran
1) TIK
dalam bidang Pendidikan
Perkembangan TIK
membuat semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan di seluruh
dunia yang menembus batas, jarak, tempat, ruang dan waktu.
Dengan
berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran
yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke dimana dan
kapan saja, (3) dari kertas ke online, (4) fasilitas fisik ke fasilitas
jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata.
2) Pergeseran
Pandangan Tentang Pembelajaran
Peran guru dan
peserta didik berubah seiring perkembangan teknologi hal tersebut tentu
memiliki dampak yaitu positif maupun negatif.
3) Fourth
Revolution (Revolusi keempat)
Terdapat beberapa
teknologi yang menjadi unsur utama terhadap pengembangan industri konvensional
menuju industri digital. Diantaranya:
·
Internet of Things (IoT)
Sistem Internet of
Things di dalamnya sendiri terdapat empat komponen yang terdiri dari perangkat
sensor, konektivitas, pemrosesan data, serta antarmuka pengguna. Contohnya
Jarvis yang dapat mematikan lampu ketika sudah pagi hari, bike sharing untuk
gowes, e-fishery untuk memberi pakan
ikan secara otomatis dan lain sebagainya.
·
Big Data
Merupakan suatu
istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu volume informasi yang besar,
baik terstruktur maupun tidak, yang mana data dan informasi nya dapat diolah,
disimpan, disusun, dan dianalisis.
Berikut beberapa
penyedia layanan yang termasuk ke dalam penggunaan teknologi Big Data di
Indonesia diantaranya; Sonar Platform, Paques Platform, Warung Data, Dattabot
dan lain-lain.
·
Cyber Security
Ketika semakin
banyak elemen saling terhubung apalagi melalui internet maka security menjadi
lebih penting. Aspek security ini menjadi sisi yang tidak terhindarkan dan yang
perlu diantisipasi dalam penerapan industri 4.0.
Augmented Reality
(AR) dan Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan Cloud
Computing.
f. Keterampilan
yang dibutuhkan peserta didik untuk abad 21
P21
mengidentifikasi beberapa keterampilan luas yang dibutuhkan oleh peserta didik
di abad 21. Keterampilan tersebut mencakup: (1) mata pelajaran inti dan tema
abad 21, (2) keterampilan belajar dan inovasi, (3) keterampilan informasi,
media, dan teknologi, serta (4) keterampilan hidup dan karir.
Untuk mendukung
keterampilan tersebut diperlukan sistem pendukung seperti standar penilaian,
kurikulum, pengembangan profesional, dan lingkungan belajar (Anderson, 2010).
1) Mata
pelajaran inti tema abad 21
2) Keterampilan
belajar dan inovasi
3) Keterampilan
informasi, media, dan teknologi
4) Keterampilan
hidup dan karir
5) Sistem
inovatif pendukung abad 21
6) Literasi
digital
0 komentar: