Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah Dasar (SD)
1. Pengertian RPP
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah pegangan seorang guru dalam menajar
di dalam kelas. RPP dibuat oleh seorang guru untuk membantu dalam mengajar
supaya selesai dengan Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi pada hari itu.
Berdasarkan
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka
untuk satu pertemuan ataupun lebih. RPP brekembang dari silabus untuk lebih
mengarahkan kegiatan pembelajaran sperta didik untuk mencapai Kompetensi Dasar.
Setiap
pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan
sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif,memotivasi siswa
untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Pengembangan
RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok
Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh
pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan
pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.
2. Prinsip-pirinsip Pengembangan RPP
Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:
· RPP adalah arti dari ide kurikulum bedasarkan siklus yang dikembangkan
pada tingkat nasional ke dalam rencangan proses pembelajaran untuk
direalisasikan dalam pembelajaran.
· RPP berkembang sesuai dengan yang telah dinyatakan oleh silabus konsidi
pada pendidikan baik kemampuan awal persertaa didik, motivasi belajar,potensi,
minat, bakat, gaya belajar, serta kemampuan emosi.
· RPP harus mendorong dan berpartisipaso secara aktif dalam peserta didik.
· RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 agar dapat menghasilkan peserta
didik yang tak berhenti belajar dan mandiri.
· RPP harus dapat mengembangkan budaya baca dan menulis terhadap peserta
didik.
· Kegiatan belajar dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran
membaca, pemahaman beragam bacaan, serta berekspresi dalam bentuk tulisan.
· RPP memiliki ranacangan program pemberian umpan balik positif, remedi,
penguatan, umpan balik, serta pengayaan.
· RPP dibuat dengan memperhatikan keterpaduan dan keterkaitan antara KD dan
KI, materi pembelajaran, penilaian, sumber belajar, serta kegiatan belajar
dalam keutuhan pengalaman belajar.
· RPP dibuat dengan pertimbangan pernerapan teknologi komunikasi dan
informasi dengan terintegarasi, sistematis, serta efektif sesuai dengan kondisi
dan situasi.
3. Komponen dan Sistematika RPP
Menurut Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang
Implemenatasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran, RPP paling sedikit memuat:
·
Tujuan pembelajaranMateri
pembelajaran
·
Metode pembelajaran
·
Sumber belajar
·
Penilaian
4. Langkah-langkah Mengembangkan RPP
Pengembangan RPP disusun dengan mengakomondasikan pembelajaran tematik
atau RPP tematik. RPP tematik meripakan suatu rencana pembelajaran tematik
terpadu yang telah dikembangkan dengan terinci dari subuah tema.
Langkah-langkah pengembangan RPP tematik yaitu:
·
Mengkaji silabus tematik
·
Mengidentifikasi materi
pembelajaran
·
Menentukan tujuan
·
Mengembangkan kegiatan
Pembelajaran
·
Penjabaran jenis penilaian
·
Menentukan alokasi waktu
·
Menentukan sumber belajar.
Berikut
saya lampirkan contoh RPP Sekolah Dasar 13 komponen dan 3 komponen lengkap beserta lampiran :
RPP Daring Matematika Kelas 4 KD 3.8
0 komentar: