DEFINISI ADMINISTRASI
Diatur maksudnya ialah bahwa seluruh kegiatan itu harus disusun,
disesuaikan satu sama lainnya supaya terdapat keharmonisan dan
keseimbangan tugas.
Dalam pengertian tersebut di atas, administrasi lebih ditekankan pada
proses kegiatan penyelenggaraan. Sebagai proses kegiatan, administrasi dapat
dilakukan oleh siapa saja. Contoh: Si A bertujuan untuk meningkatkan
kesejahteraan keluarganya. Pertama-tama ia merencanakan membuka toko
kecil di pinggir jalan, barang apa yang akan dijual dan dari mana modal
diperoleh. Kalau perencanaan ini sudah matang maka mulailah ia
membangun tokonya, lalu membeli barang-barang yang akan mengisi toko
serta peralatannya, mengatur keluar masuknya uang, serta melayani orangorang
yang berbelanja, dan sekaligus pula mengawasi barang-barangnya.
Semua tindakan si A dalam mengelola toko kecil ini disebut tindakan seorang
administrator. Jadi, untuk mencapai tujuannya si A telah melakukan berbagai
kegiatan yang ditangani sendiri yang bersifat administratif.
Dari artikel diatas mengenai administrasi ada disitu dikatakan bahwa administrasi adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur dan diatur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan. Jadi disini yang menjadi pertanyaan saya, apakah administrasi itu sama dengan manejer ditinjau dari perspektif kegiatannya?
BalasHapusApakah administrasi dan manajemen itu sama di tinjau dri perspektif kegiatannya?
Hapus